PELATIHAN KADER KESEHATAN REMAJA SMA AL IRSYAD CILACAP OLEH PUSKESMAS CILACAP TENGAH II
PELATIHAN KADER KESEHATAN REMAJA SMA AL IRSYAD CILACAP OLEH PUSKESMAS CILACAP TENGAH II

By Lucky Azizatul Lukman 18 Jan 2023, 20:57:51 WIB Kesehatan
PELATIHAN KADER KESEHATAN REMAJA SMA AL IRSYAD CILACAP OLEH PUSKESMAS CILACAP TENGAH II

Gambar : Proses penyuluhan kepada Kader Kesehatan Remaja SMALIR Cilacap


Pada hari Jumat, 6 Januari 2023 bertempat di Aula SMA Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap, telah diselenggarakan Pelatihan kader kesehatan remaja SMA Al-Irsyad Cilacap oleh puskesmas cilacap tengah II. Acara diikuti oleh siswa-siswi yang ditunjuk sebagai kader kesehatan oleh pihak sekolah.

Pelatihan ini diisi oleh narasumber dari Puskesmas Cilacap Tengah II berkaitan dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Kehamilan tidak diinginkan (KTD), Kesehatan Lingkungan, Pergaulan Remaja, Infeksi Menular Sexual (IMS) serta Napza.

Tugas dari kader kesehatan remaja ini yakni menyampaikan informasi yang telah didapatkan dari pelatihan ke sekolahnya sehingga menjadi perpanjangan tangan dari petugas kesehatan. Diharapkan dari pelatihan ini dapat meningkatkan derajat kesehatan secara optimal di tingkat sekolah.

Dalam rangka menunjang peran kader kesehatan remaja tersebut perlu adanya pembinaan. Pembinaan kader kesehatan remaja dilakukan bersama lintas sektor terkait yaitu pihak kecamatan, pendidikan, dan puskesmas

Ruang lingkup kegiatan  KKR meliputi:

1. Kegiatan penemuan dini, pemeriksaan gigi dan mulut

2. Pendidikan dan Pelatihan Kader Kesehatan Remaja.

Dalam pendidikan dan pelatihan kesehatan remaja ,siswa diberikan pengetahuan tentang kesehatan reproduksi sehat, berbagai penyakit menular, konsultasi bimbingan psikologis, PPPK dan narkoba.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment