Terangi Hati, Sucikan Diri, Gapai Ridho Ilahi: Pesantren Ramadhan di SMA Al-Irsyad
Terangi Hati, Sucikan Diri, Gapai Ridho Ilahi: Pesantren Ramadhan di SMA Al-Irsyad

By Lucky Azizatul Lukman 20 Apr 2024, 23:52:32 WIB Dunia Islam
Terangi Hati, Sucikan Diri, Gapai Ridho Ilahi: Pesantren Ramadhan di SMA Al-Irsyad

Dalam suasana bulan suci Ramadhan, SMA Al-Irsyad menggelar kegiatan pesantren Ramadhan yang penuh makna dan inspiratif dari tanggal 18 hingga 21 Maret 2024. Dengan tema yang menggugah, "Gen Z in Ramadhan: Terangi Hati, Sucikan Diri, Gapai Ridho Ilahi", pesantren ini bertujuan untuk membimbing generasi muda agar dapat meraih berkah dan keberkahan Ramadhan dengan baik.

Pemateri pertama, Ustad Sutarno, S.St., M.Kes, mengupas hubungan antara puasa dan kesehatan. Beliau memberikan pemahaman mendalam tentang pentingnya menjaga kesehatan tubuh saat menjalankan ibadah puasa. Peserta diajak untuk memahami betapa pentingnya pola makan yang sehat dan seimbang, serta menjaga tubuh agar tetap bugar selama berpuasa.

Dr. Opi Irawansyah, dalam hari berikutnya, menyoroti urgensi shalat berjamaah dalam kehidupan sehari-hari. Beliau memberikan pemahaman yang mendalam tentang keutamaan dan manfaat shalat berjamaah, serta bagaimana implementasinya dalam kehidupan seorang remaja. Peserta diajak untuk memahami bahwa shalat berjamaah bukan hanya kewajiban, tetapi juga merupakan sarana untuk mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan kualitas ibadah.

Mulyadi Yulianto, atau yang akrab disapa Kak Imung, menjadi pencerah dalam sesi puncak dengan membahas tentang identitas Islami bagi Generasi Z. Beliau membawa peserta dalam refleksi diri untuk menemukan jati diri dalam Islam, serta bagaimana mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Peserta diajak untuk memahami bahwa menjadi Gen Z Islami bukanlah sekadar tentang penampilan atau tampilan, tetapi lebih pada pemahaman dan pengamalan ajaran Islam dalam setiap aspek kehidupan.

Pesantren Ramadhan di SMA Al-Irsyad pada tahun ini memberikan pengalaman yang mendalam bagi para peserta. Dari pemateri yang ahli di bidangnya, peserta tidak hanya mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang Ramadhan, tetapi juga diinspirasi untuk menjadikan bulan suci ini sebagai momentum untuk memperbaiki diri dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan tema "Gen Z in Ramadhan: Terangi Hati, Sucikan Diri, Gapai Ridho Ilahi", pesantren ini berhasil menyala-nyalakan semangat dan kecintaan terhadap agama dalam diri para peserta, semoga menjadi bekal yang bermanfaat dalam perjalanan spiritual mereka.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment